Apakah Kamu ‘Pemberani’?

Sebagai generasi muda, pernah nggak sih terlintas dalam pikiran, apa yang sudah kamu lakukan untuk membuat kualitas hidup kita lebih baik lagi? Tidak usah yang besar-besar, mulai dari hal-hal kecil dulu saja, deh. Misalnya, memerhatikan jajanan yang biasa kamu beli di sekolah. Pernahkah kamu memilih jajanan yang sehat, bergizi, tetapi rasanya juga enak? Mungkin terdengar remeh ya, tapi ternyata pilihan makanan enak yang lebih sehat bergizi itu nggak banyak, lho! Buktinya, coba saja kamu perhatikan, apakah teman-temanmu atau mungkin kamu sendiri berat badannya sudah cukup proporsional?

Ini menjadi masalah serius karena gizi itu penting untuk kehidupan yang lebih sehat dan sejahtera bagi bangsa ini. Tahu nggak, setiap tahunnya, angka kegemukan dan obesitas di Indonesia terus meningkat. Ibarat gadget yang diisi ulang dengan charger yang tidak berkualitas, tubuh menjadi cepat lelah, sering pusing dan tidak bersemangat jika terus menerus mengonsumsi makanan yang kurang bergizi. Kalau sudah tidak bersemangat, bagaimana mau berprestasi? Jika dibiarkan, kondisi ini menciptakan ‘lingkaran jahat’ yang akan menghambat tumbuh kembang generasi bangsa. Bukan saja dapat menghasilkan individu-invidu yang kurang produktif ketika beranjak dewasa, bahkan bisa menjadi ‘beban’ pembangunan. Ngeri banget, kan?

Untungnya, kondisi ini bisa ‘diselamatkan’ selama masih ada pahlawan-pahlawan perubahan yang BERANI menyumbangkan ide dan gagasannya. Siapa tahu kamu salah satu di antaranya! Ashoka mengajak kamu menjadi pejuang aktif dalam program “Saya Pemberani”, sebuah ajang kompetisi yang mencari para pahlawan remaja untuk menemukan solusi baru agar makanan sehat bergizi dan enak bisa tersedia dan terjangkau oleh kamu dan teman-temanmu. Program ini adalah bagian dari kerjasama Global Alliance for Improved Nutrition dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia yang telah banyak melahirkan ‘Young Changemakers’ di bidang gizi dan pangan remaja.

Jadi, jika kamu berusia antara 12 sampai 20 tahun, berdomisili di Indonesia, dan telah memulai inisiatif gerakan untuk meningkatkan konsumsi atau akses kepada makanan yang lebih bergizi dan aman bagi remaja, tunggu apa lagi? Jadilah agen perubahan yang mampu mengubah kualitas hidup generasi masa depan.

Gimana, kamu BERANI menerima tantangan ini?